Iklan Header

projects.co.id

Cara Membuat Objek Bintang Dengan OpenGL Menggunakan CodeBlocks

Hello world, saya melaporkan dari tempat kejadian perkara bahwasannya pada senin malam ini (25/12) sedang terjadi hujan yang cukup lebat disertai angin sepoi-sepoi dikawasan madura, tepatnya didesa telang, kecamatan kamal, kabupaten bangkalan ... hehehe :D #JustKidding

Yaps, pada malam tanpa bintang karena hujan kali ini saya akan membagikan beberapa source code untuk membuat objek bintang dengan opengl menggunakan codeblocks.

Langsung disimak saja ya gan :)

Berikut beberapa source code untuk membuat objek bintang dengan opengl menggunakan codeblocks

Baca Juga

Source code objek bintang ke-1

#include <windows.h>
#include <GL/glut.h>

void display()
{
glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT);
glColor3f(0.0,0.5,1.5);
glLineWidth(5);
glPointSize(10);
glBegin(GL_POLYGON);
glVertex2f(-0.90,-0.15);
glVertex2f(-2.0,0.75);
glVertex2f(-0.5,0.75);
glVertex2f(0.0,2.0);
glVertex2f(0.5,0.75);
glVertex2f(2.0,0.75);
glVertex2f(0.90,-0.15);
glVertex2f(1.40,-1.60);
glVertex2f(0.0,-0.75);
glVertex2f(-1.40,-1.60);
glEnd();
glFlush();
}

void myinit()
{
glMatrixMode(GL_PROJECTION);
glLoadIdentity();
gluOrtho2D(-2.0,2.0,-2.0,2.0);
glMatrixMode(GL_MODELVIEW);
glClearColor(0.0,0.0,0.0,1.0);
glColor3f(0.0,0.0,0.0);
}

int main(int argc, char* argv[])
{

glutInit(&argc,argv);
glutInitDisplayMode(GLUT_SINGLE | GLUT_RGB);
glutInitWindowSize(500,500);
glutInitWindowPosition(425,150);
glutCreateWindow("Bintang | Programmer Bojonegoro, Referensi Coding Terbaikmu!");
glutDisplayFunc(display);
myinit();
glutMainLoop();

return 0;
}
Output dari Source code objek bintang ke-1
Cara Membuat Objek Bintang Dengan OpenGL Menggunakan CodeBlocks

Source code objek bintang ke-2

#include <windows.h>
#include <GL/glut.h>

void Star(GLfloat Rotasi)
{
glBegin(GL_LINE_LOOP);
glVertex2f(3.0, 9.9);
glVertex2f(0.0, 20.0);
glVertex2f(-8.0, -5.2);
glVertex2f(-13.0, -1.3);
glVertex2f(0.0, 35.0);
glVertex2f(9.0, 9.6);
glEnd();
glTranslated(-2.5, -1.5, 0);
glRotated(Rotasi,0,0,1);
glBegin(GL_LINE_LOOP);
glVertex2f(3.0, 9.9);
glVertex2f(0.0, 20.0);
glVertex2f(-8.0, -5.2);
glVertex2f(-13.0, -1.3);
glVertex2f(0.0, 35.0);
glVertex2f(9.0, 9.6);
glEnd();
}

void display()
{
glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT);
glColor3f(0.0,0.0,1.0);
glLineWidth(3);
Star(71.5);
Star(71.5);
Star(72.5);
Star(72.5);
glFlush();
}

int main(int argc,char* argv[])
{
glutInitWindowPosition(400,100);
glutInitWindowSize(500,500);
glutCreateWindow("STAR | Programmer Bojonegoro, Referensi Coding Terbaikmu!");
glutDisplayFunc(display);
gluOrtho2D(-50,50,-50,50);
glutMainLoop();
}
Output dari Source code objek bintang ke-2
Cara Membuat Objek Bintang Dengan OpenGL Menggunakan CodeBlocks

Source code objek bintang ke-3

#include <windows.h>
#include <GL/glut.h>

void drawQuad(){

glBegin(GL_POLYGON);
glVertex2f(77.,70.);
glVertex2f (80.,146.);
glVertex2f(99.,90.);
glVertex2f(157.,90.);
glVertex2f (110.,55.);
glVertex2f (128.,1.);
glVertex2f (80.,34.);
glVertex2f (32.,1.);
glVertex2f (54.,55.);
glVertex2f (3.,90.);
glVertex2f (63.,90.);
glVertex2f (80.,146.);
glEnd();
glFlush();
}
void renderScene(void){

glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT);
glPushMatrix();
glRotatef(30,0,0,1);
glColor3f(1,1,1);//putih
drawQuad();
glPopMatrix();

glPushMatrix();
glTranslatef(-500,-500,0);
glColor3f(1,0,0);//merah
drawQuad();
glPopMatrix();

glPushMatrix();
glTranslatef(-450,-350,0);
glRotatef(30,0,0,1);
glScalef(0.5,0.5,0);
glColor3f(1,1,0);//kuning
drawQuad();
glPopMatrix();

glPushMatrix();
glTranslatef(-320,-420,0);
glRotatef(30,0,0,1);
glColor3f(0,0,1);//biru
drawQuad();
glPopMatrix();

glPushMatrix();
glTranslatef(-200,-350,0);
glScalef(0.5,0.5,0);
glColor3f(1,0,0);//merah
drawQuad();
glPopMatrix();

glPushMatrix();
glTranslatef(-200,-310,0);
glRotatef(45,0,0,1);
glScalef(1.5,1.5,0);
glColor3f(0,1,0);//hijau
drawQuad();
glPopMatrix();

glPushMatrix();
glTranslatef(-150,-100,0);
glColor3f(1,0,0);//merah
drawQuad();
glPopMatrix();

glPushMatrix();
glTranslatef(-150,0,0);
glScalef(0.3,0.3,0);
glColor3f(1,1,0);//kuning
drawQuad();
glPopMatrix();

glPushMatrix();
glTranslatef(-50,-180,0);
glScalef(0.4,0.4,0);
glColor3f(1,1,0);//kuning
drawQuad();
glPopMatrix();

glPushMatrix();
glTranslatef(100,90,0);
glRotatef(45,0,0,1);
glScalef(1.2,1.2,0);
glColor3f(1,1,0);//kuning
drawQuad();
glPopMatrix();

glPushMatrix();
glTranslatef(-400,-200,0);
glScalef(0.4,0.4,0);
glColor3f(1,0,0);//kuning
drawQuad();
glPopMatrix();

glPushMatrix();
glTranslatef(50,0,0);
glScalef(0.4,0.4,0);
glColor3f(1,0,0);//merah
drawQuad();
glPopMatrix();

glPushMatrix();
glTranslatef(0,200,0);
glScalef(0.4,0.4,0);
glRotatef(30,0,0,1);
glColor3f(0,1,1);//cyan
drawQuad();
glPopMatrix();

glPushMatrix();
glTranslatef(150,300,0);
glRotatef(-45,0,0,1);
glColor3f(0,0,1);//biru
drawQuad();
glPopMatrix();

glPushMatrix();
glTranslatef(100,300,0);
glScalef(0.5,0.5,0);
glColor3f(1,1,1);//putih
drawQuad();
glPopMatrix();

glPushMatrix();
glTranslatef(320,320,0);
glRotatef(45,0,0,1);
glColor3f(0,1,1);//cyan
drawQuad();
glPopMatrix();

glPushMatrix();
glTranslatef(320,280,0);
glScalef(0.5,0.5,0);
glColor3f(1,0,0);//merah
drawQuad();
glPopMatrix();

glPushMatrix();
glTranslatef(150,115,0);
glScalef(0.3,0.3,0);
glColor3f(1,0,1);//pink
drawQuad();
glPopMatrix();

glPushMatrix();
glTranslatef(450,400,0);
glRotatef(45,0,0,1);
glScalef(0.6,0.6,0);
glColor3f(0,1,0);//hijau
drawQuad();
glPopMatrix();

glPushMatrix();
glTranslatef(-100,115,0);
glScalef(0.5,0.5,0);
glColor3f(0,1,0);//hijau
drawQuad();
glPopMatrix();

glPushMatrix();
glTranslatef(180,400,0);
glScalef(0.3,0.3,0);
glColor3f(1,1,0);//kuning
drawQuad();
glPopMatrix();

glFlush();
}
int main(int argc,char **argv){
glutInit(&argc,argv);
glutInitWindowPosition(350,100);
glutInitWindowSize(600,600);
glutCreateWindow("BINTANG-BINTANG | Programmer Bojonegoro, Referensi Coding Terbaikmu!");
gluOrtho2D(-500.,500.,-500.,500.);
glutDisplayFunc(renderScene);
glutMainLoop();
}
Output dari Source code objek bintang ke-3
Cara Membuat Objek Bintang Dengan OpenGL Menggunakan CodeBlocks
Alhamdulillah, itulah beberapa source code untuk Membuat Objek Bintang Dengan OpenGL Menggunakan CodeBlocks.

Semoga bermanfaat

Related Posts

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Membuat Objek Bintang Dengan OpenGL Menggunakan CodeBlocks"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel