Iklan Header

projects.co.id

Cara Membuat Objek Bintang Dengan OpenGL Menggunakan CodeBlocks

Hello world, saya melaporkan dari tempat kejadian perkara bahwasannya pada senin malam ini (25/12) sedang terjadi hujan yang cukup lebat disertai angin sepoi-sepoi dikawasan madura, tepatnya didesa telang, kecamatan kamal, kabupaten bangkalan ... hehehe :D #JustKidding

Yaps, pada malam tanpa bintang karena hujan kali ini saya akan membagikan beberapa source code untuk membuat objek bintang dengan opengl menggunakan codeblocks.

Langsung disimak saja ya gan :)

Berikut beberapa source code untuk membuat objek bintang dengan opengl menggunakan codeblocks

Source code objek bintang ke-1

#include <windows.h>
#include <GL/glut.h>

void display()
{
glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT);
glColor3f(0.0,0.5,1.5);
glLineWidth(5);
glPointSize(10);
glBegin(GL_POLYGON);
glVertex2f(-0.90,-0.15);
glVertex2f(-2.0,0.75);
glVertex2f(-0.5,0.75);
glVertex2f(0.0,2.0);
glVertex2f(0.5,0.75);
glVertex2f(2.0,0.75);
glVertex2f(0.90,-0.15);
glVertex2f(1.40,-1.60);
glVertex2f(0.0,-0.75);
glVertex2f(-1.40,-1.60);
glEnd();
glFlush();
}

void myinit()
{
glMatrixMode(GL_PROJECTION);
glLoadIdentity();
gluOrtho2D(-2.0,2.0,-2.0,2.0);
glMatrixMode(GL_MODELVIEW);
glClearColor(0.0,0.0,0.0,1.0);
glColor3f(0.0,0.0,0.0);
}

int main(int argc, char* argv[])
{

glutInit(&argc,argv);
glutInitDisplayMode(GLUT_SINGLE | GLUT_RGB);
glutInitWindowSize(500,500);
glutInitWindowPosition(425,150);
glutCreateWindow("Bintang | Programmer Bojonegoro, Referensi Coding Terbaikmu!");
glutDisplayFunc(display);
myinit();
glutMainLoop();

return 0;
}
Output dari Source code objek bintang ke-1
Cara Membuat Objek Bintang Dengan OpenGL Menggunakan CodeBlocks

Source code objek bintang ke-2

#include <windows.h>
#include <GL/glut.h>

void Star(GLfloat Rotasi)
{
glBegin(GL_LINE_LOOP);
glVertex2f(3.0, 9.9);
glVertex2f(0.0, 20.0);
glVertex2f(-8.0, -5.2);
glVertex2f(-13.0, -1.3);
glVertex2f(0.0, 35.0);
glVertex2f(9.0, 9.6);
glEnd();
glTranslated(-2.5, -1.5, 0);
glRotated(Rotasi,0,0,1);
glBegin(GL_LINE_LOOP);
glVertex2f(3.0, 9.9);
glVertex2f(0.0, 20.0);
glVertex2f(-8.0, -5.2);
glVertex2f(-13.0, -1.3);
glVertex2f(0.0, 35.0);
glVertex2f(9.0, 9.6);
glEnd();
}

void display()
{
glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT);
glColor3f(0.0,0.0,1.0);
glLineWidth(3);
Star(71.5);
Star(71.5);
Star(72.5);
Star(72.5);
glFlush();
}

int main(int argc,char* argv[])
{
glutInitWindowPosition(400,100);
glutInitWindowSize(500,500);
glutCreateWindow("STAR | Programmer Bojonegoro, Referensi Coding Terbaikmu!");
glutDisplayFunc(display);
gluOrtho2D(-50,50,-50,50);
glutMainLoop();
}
Output dari Source code objek bintang ke-2
Cara Membuat Objek Bintang Dengan OpenGL Menggunakan CodeBlocks

Source code objek bintang ke-3

#include <windows.h>
#include <GL/glut.h>

void drawQuad(){

glBegin(GL_POLYGON);
glVertex2f(77.,70.);
glVertex2f (80.,146.);
glVertex2f(99.,90.);
glVertex2f(157.,90.);
glVertex2f (110.,55.);
glVertex2f (128.,1.);
glVertex2f (80.,34.);
glVertex2f (32.,1.);
glVertex2f (54.,55.);
glVertex2f (3.,90.);
glVertex2f (63.,90.);
glVertex2f (80.,146.);
glEnd();
glFlush();
}
void renderScene(void){

glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT);
glPushMatrix();
glRotatef(30,0,0,1);
glColor3f(1,1,1);//putih
drawQuad();
glPopMatrix();

glPushMatrix();
glTranslatef(-500,-500,0);
glColor3f(1,0,0);//merah
drawQuad();
glPopMatrix();

glPushMatrix();
glTranslatef(-450,-350,0);
glRotatef(30,0,0,1);
glScalef(0.5,0.5,0);
glColor3f(1,1,0);//kuning
drawQuad();
glPopMatrix();

glPushMatrix();
glTranslatef(-320,-420,0);
glRotatef(30,0,0,1);
glColor3f(0,0,1);//biru
drawQuad();
glPopMatrix();

glPushMatrix();
glTranslatef(-200,-350,0);
glScalef(0.5,0.5,0);
glColor3f(1,0,0);//merah
drawQuad();
glPopMatrix();

glPushMatrix();
glTranslatef(-200,-310,0);
glRotatef(45,0,0,1);
glScalef(1.5,1.5,0);
glColor3f(0,1,0);//hijau
drawQuad();
glPopMatrix();

glPushMatrix();
glTranslatef(-150,-100,0);
glColor3f(1,0,0);//merah
drawQuad();
glPopMatrix();

glPushMatrix();
glTranslatef(-150,0,0);
glScalef(0.3,0.3,0);
glColor3f(1,1,0);//kuning
drawQuad();
glPopMatrix();

glPushMatrix();
glTranslatef(-50,-180,0);
glScalef(0.4,0.4,0);
glColor3f(1,1,0);//kuning
drawQuad();
glPopMatrix();

glPushMatrix();
glTranslatef(100,90,0);
glRotatef(45,0,0,1);
glScalef(1.2,1.2,0);
glColor3f(1,1,0);//kuning
drawQuad();
glPopMatrix();

glPushMatrix();
glTranslatef(-400,-200,0);
glScalef(0.4,0.4,0);
glColor3f(1,0,0);//kuning
drawQuad();
glPopMatrix();

glPushMatrix();
glTranslatef(50,0,0);
glScalef(0.4,0.4,0);
glColor3f(1,0,0);//merah
drawQuad();
glPopMatrix();

glPushMatrix();
glTranslatef(0,200,0);
glScalef(0.4,0.4,0);
glRotatef(30,0,0,1);
glColor3f(0,1,1);//cyan
drawQuad();
glPopMatrix();

glPushMatrix();
glTranslatef(150,300,0);
glRotatef(-45,0,0,1);
glColor3f(0,0,1);//biru
drawQuad();
glPopMatrix();

glPushMatrix();
glTranslatef(100,300,0);
glScalef(0.5,0.5,0);
glColor3f(1,1,1);//putih
drawQuad();
glPopMatrix();

glPushMatrix();
glTranslatef(320,320,0);
glRotatef(45,0,0,1);
glColor3f(0,1,1);//cyan
drawQuad();
glPopMatrix();

glPushMatrix();
glTranslatef(320,280,0);
glScalef(0.5,0.5,0);
glColor3f(1,0,0);//merah
drawQuad();
glPopMatrix();

glPushMatrix();
glTranslatef(150,115,0);
glScalef(0.3,0.3,0);
glColor3f(1,0,1);//pink
drawQuad();
glPopMatrix();

glPushMatrix();
glTranslatef(450,400,0);
glRotatef(45,0,0,1);
glScalef(0.6,0.6,0);
glColor3f(0,1,0);//hijau
drawQuad();
glPopMatrix();

glPushMatrix();
glTranslatef(-100,115,0);
glScalef(0.5,0.5,0);
glColor3f(0,1,0);//hijau
drawQuad();
glPopMatrix();

glPushMatrix();
glTranslatef(180,400,0);
glScalef(0.3,0.3,0);
glColor3f(1,1,0);//kuning
drawQuad();
glPopMatrix();

glFlush();
}
int main(int argc,char **argv){
glutInit(&argc,argv);
glutInitWindowPosition(350,100);
glutInitWindowSize(600,600);
glutCreateWindow("BINTANG-BINTANG | Programmer Bojonegoro, Referensi Coding Terbaikmu!");
gluOrtho2D(-500.,500.,-500.,500.);
glutDisplayFunc(renderScene);
glutMainLoop();
}
Output dari Source code objek bintang ke-3
Cara Membuat Objek Bintang Dengan OpenGL Menggunakan CodeBlocks
Alhamdulillah, itulah beberapa source code untuk Membuat Objek Bintang Dengan OpenGL Menggunakan CodeBlocks.

Semoga bermanfaat

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Membuat Objek Bintang Dengan OpenGL Menggunakan CodeBlocks"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel